Pelatihan Lokal Gelar Perkara Jinayat

0
84

Sabang, 13 Agustus 2020

Beragam cara dilakukan untuk meningkatkan kemampuan lembaga dalam menghadapi masa pandemi Ini, kreatifitas dalam pengembangan SDM harus tetap dilakukan dengan cara yang tak biasa. Kemampuan terus diasah, salah satu caranya dengan pelatihan-pelatihan lokal dengan tidak menghilangkan substansi yang kita capai. Walau secara kuantitas perkara Jinayat sangat minim, tetapi kemampuan para Hakim dan Panitera Pengganti tetap harus di asah. Jangan sampai kita kelu ketika suatu saat nanti ada perkara yang harus ditindak lanjuti.

Mahkamah Syar`iyah Sabang kebetulah dipimpin oleh Seorang Pakar Jinayat alumni salah satu kampus ternama di Tunisia. Beliau adalah Dr. Amir Khalis. Melihat kehadiran hakim-hakim baru yang bertugas di Mahkamah Syar`iyah Sabang, yang notabenenya belum pernah menyidangkan perkara Jinayat. Lahirlah inisiatif untuk memberikan bekal kepada tenaga muda potensial ini dengan  mengadakan pelatihan lokal.

Dari wacana yang berkembang maka Pada hari Kamis, pukul 09.30 WIB dilaksanakalah kegiatan pelatihan dengan diawali dengan “bermain Peran” (Role Play), dimana para hakim dan Panitera mengambil peran masing-masing, ada yang menjadi Hakim, PP, Jaksa, Pengacara dan Terdakwa. Semua yang terlibat melakukan perannya masing-masing dengan serius sambil diiringi gelak tawa yang menghidupkan suasana. Diselingi diskusi dan ditanggapi satu persatu oleh ketua MS Sabang. Sehingga nuansa yang terbangun betul-betul menjadi asupan pengetahuan bagi kita semua. Demikian (FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here