SIPA MENYAPA UNTUK MEMBERI KEMUDAHAN

0
107

Sabang, 9 November 2020

Perkembangan teknologi selalu saja memunculkan hal baru yang menarik untuk terus diikuti. Terlebih, sekarang ini banyak orang telah memegang smartphone ataupun gadget canggih. Selain untuk berselancar di media sosial, smartphone juga sangat berguna untuk kepentingan memudahkan urusan individual dan kemasyarakatan

Mahkamah Syar`iyah Sabang akan segera menghadirkan Sebuah Aplikasi SIPA ( Sistem Informasi Penulusuran Akta Cerai). Sebagaimana kita ketahui Mahkamah Syar`iyah salah satu tupoksinya adalah menyelesaikan sengketa keluarga dimana dari proses peradilan tersebut akan lahir perceraian. Sebagai bukti telah terjadi Perceraian. Maka Mahkamah Syar`iyah akan menerbitkan Akta cerai jika gugatan/Permohonan dikabulkan oleh majelis hakim dan perkara tersebut telah memperoleh kekuatan hukum tetap (inkracht). Aplikasi SIPA ini telah diluncurkan ke publik sejak berita ini dimuat dengan harapan memberikan kemudahan akses kepada publik. Tinggal membuka www.sipa.ms-sabang.go.id..

SIPA juga bisa digukan oleh lembaga terkait yang membutuhkan seperti KUA, Dinas kependudukan, dll. Aplikasi ini diharapkan bisa di integrasikan dengan data kependudukan. Kehadiran aplikasi memang bertujuan dengan untuk memudahkan kepada aparatur pemerintah yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Kecurigaan terhadap kepalsuan akta otentik ini dapat dicegah ditengah masih menjamurnya perkawinan dan perceraian dibawah tangan sebagai patologi sosial yang masih ada di tengah-tengah masyarakat kita.

Tertib administrasi kependudukan harus terus menjadi ruh pelayanan publik sehingga status hukum kependudukan itu tidak punya peluang untuk digandakan atau dipalsukan yang akhirnya membuat masyarakat terjerat hukum dan merasakan kemudratan dalam kehidupan bangsa dan bernegara.

Untuk mensosialisasikan ini ke di wilayah hukum Mahkamah Syar`iyah Sabang maka tim pelayanan Publik dan TIM IT MS Sabang akan melakukan sosialisasi kepada KUA yang berada di wilayah hukum Kota Sabang. Sehingga aplikasi ini bisa langsung di gunakan dan di nikmati oleh masyarakat luas. Semoga.. (FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here