Observasi Implementasi APM Mahkamah Syar`iyah Aceh Di Mahkamah Syar`iyah Sabang

0
27

Sabang, 12 November 2020

Tim Observasi Implementas APM Mahkamah Syar`iyah Aceh mendadak tiba di Mahkamah Syar`iyah Sabang. Tim yang diketuai oleh Jailani Tabrani, SH, M (Assesor) H, dengan beranggotakan Heri Irawan, A.Md  (Pendamping) dan Armada A.Md (pendamping). observasi dilakukan mulai dari pukul 11.00 WIB sampai dengan selesai. Adapun yang diamati menyangkut dengan hasil telusur dokumen yan sudah berjalan sesuai dengan petunjuk dan pedoman yang di berikan oleh Badilag. Pengamatan dilakukan dengan objektif untuk kesinambungan proses APM. Kali ini yang menjadi sorotan menyangkut dengan kebersihan lingkungan dan ruangan kantor, dengan melihat list yang ada disetiap ruang, bagaimana kondisi AC ruangan sudahkan tercipta kenyamanan kerja. Setelah melihat kebersihan dengan seksama, tim juga melihat bagaimana implementasi PTSP. Sudahkah terbentuk dan berjalan sesuai dengan regulasi yang ada, tak luput dari observasi ini adalah absensi hakim, PNS dan PPNS pada hari tersebut.

Jailani Tabrani menyampaikan bahwa proses dokumen dan realisasi kerja harus jalan beriringan. Budaya kerja kebut semalam pada saat assesment dan surveilance saja dipandang bukanlah sebuah pola kerja yang baik. Tapi bagaimana setiap pekerjaan yang dilakukan diikuti dengan eviden yang dilakukan secara terus menerus, sehingga dengan menyicil secara teratur membuat kita tidak harus melakukan lembur untuk memenuhi target tersebut.

Tim Observasi juga menyampaikan beberapa hal dari hasil observasi diantaranya Secara keseluruhan Sarana dan Prasarana di Mahkamah Syar`iyah Sabang sudah cukup baik, begitu juga dengan pelayanan terhadap pencari keadilan, untuk selanjutnya ada beberapa hal yang perlu dilengkapi. Assessor juga mengatakan dari pengamatannya jika semua Mahkamah Syar`iyah Sabang memiliki rasa kebersamaan, hal ini akan menghantarkan kepada kemajuan Mahkamah Syar`iyah Sabang kedepan.

Terakhir Ketua Mahkamah Syar`iyah Sabang Lukmin S.Ag, ME, menambahkan kepada Tim Observasi Implementasi APM mengucapkan terimakasih atas hasil pengamatannya, atas nama pimpinan akan segera menindaklanjuti hal-hal yang masih terdapat kekurangan, dan melengkapi sarana dan prasarana yang belum memadai, 4 Pilar akan segera mengevaluasi kinerja semua sub bagian yang ada di Mahkamah Syar`iyah Sabang dan akan melaksanakan rapat bulanan sekaligus Rapat Tinjauan Managemen (RTM), kami akan sangat bekerja keras lagi untuk proses perubahan dan pembenahan serta penyamaan persepsi dalam rangka menjalankan semua harapan yang diinginkan oleh Pimpinan Mahkamah Syar`iyah Aceh. (FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here