Dharma Yukti Karini Cabang Sabang Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

0
56

Sabang, 22 – 12 – 2020

Pada hari Selasa tanggal 7 Jumadil Awal 1442 H atau bertepatan dengan 22 Desember 2020 M. Dharma Yukti Karini Cabang Sabang menyelenggarakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W yang bertempat di Aula Pertemuan Mahkamah Syar`iyah Sabang  Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W tersebut diawali dengan pembacaan Al-Qur’an.

Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang mana di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.  Kata Maulid atau Milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir.  Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang dimasyarakat Islam, setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kecintaan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Ceramah Maulid Nabi Muhammad SAWW disampaikan oleh Hakim MS Sabang Bapak Ghifar Afghani, S.Sy h, dengan bahasa yang lugas, jelas dan penuh makna.  Bapak Ghifar  menyampaikan ceramahnya dengan penuh bersemangat, sehingga para hadirin dapat menyimak isi ceramah tersebut dengan hikmat dan mudah difahami.  Dalam ceramahnya Beliau mengajak kepada segenap Ibu-ibu Dharma Yukti Karini untuk menteladani pribadi Rasulullah SAW dan menjadikannya sebagai landasan dalam melaksanakan tugas dan menjadikannya sebagai idola dalam kehidupan.  Rasulullah sebagai penyempurna, maka Beliau pantas untuk dicontoh dan diteladani.  Rasulullah saww adalah sosok yang melakukan pembebasan terhadap pelecehan wanita dimasa jahiliyah, harkat dan martabat wanita yang sebelumnya direndahkan diangkat setinggi-tinginya dengan memuliakan wanita pada posisi yang sangat istimewa. Maka peringatan maulid ini hendaknya menjadikan dhama yukhti cabang sabang lebih percaya diri dalam melahirkan ide-ide kreatif disamping mendorong dan mengayomi keluarga serta menentukan keberhasilan para suami dimedan kerjanya. Tidak ada keberhasilan yang baik tanpa ada sosok wanita kuat disisinya.

Maulid kali ini juga diisi dengan acara baby blues yang diisi oleh ibu Nindi Wulandari, beliau menyampaikan tentang bagaimana menjalani kehamilan dan menghadapi sosok bayi suci yang akan muncul ke dunia ini. Sebuah kebahagiaan dan perasaan perasaan yang indah ketikan Tuhan menitipkan amanah atas kehadiran cabang bayi tersebut akan tetapi emosional seorang ibu juga berbeda dalam menghadapi bayi mungil tersebut, bukan tidak mungkin ada diantara kita yang menghadapi dengan emosional yang sensitif sehingga bunda merasa mudah menangis, mudah tersinggung, dan sedikit tertekan, kemungkinan Bunda mengalami sindrom “baby blues”. inilah yang disampaikan dalam paparannya melalaui zoom meeting, sehingga diharapkan ibu dan calon ibu dharma yukhti dapat menghindari depresi, karena hadirnya sebuah hati hendaknya menambah kebagian dalam keluarga kecil yang melahirkan keberkahan tersendiri.

Memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. bukan tanggalnya, bulannya dan tahunnya.  Tetapi ambillah suri tauladan dari sikap serta tata kehidupan Rasulullah Muhammad. SAW.

Peringatan Maulid Nabi Muhammmad S.A.W. dihadiri oleh seluruh Ibu-ibu  Dharma Yukti Karini Cabang, yaitu gabungan dari Mahkamah Syar`iyah Sabang dan Pengadilan Negeri Sabang pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W yang diadakan di Kantor Mahkamah Syar’iyah Sabang, berjalan dengan baik, lancar dan penuh hikmah.

Semoga Acara tersebut dapat menambah motivasi dan menambah wawasan bagi Ibu-ibu Dharma Yukti Karini, baik dalam bekerja sehari-hari maupun sebagai seorang isteri pendamping suami. (FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here