MS Sabang Mengikuti Milad Mahkamah Syar’iyah Ke 19 secara Virtual

0
416

Mahkamah Syar’iyah Sabang mengikuti Acara Milad Mahkamah Syar’iyah Aceh ke 19, melalui zoom meeting, bertempat di ruang Media Center Mahkamah Syar’iyah Sabang, yang diadakan oleh Mahkamah Syar’iyah Aceh, berdasarkan surat keputusan Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Nomor W1-A/2414/HM.01.1/VIII/2021 Tanggal 03 Agustus  2021. Tema yang di usung pada milad ke 19 ini  adalah “Eksistensi Syariat Islam Mewujudkan kedamaian dan keadilan”. Tema yang pantas yang diangkat bagaimana keberadaan kita di Aceh 19 tahun yang lalu bisa berkontribusi besar untuk tegaknnya kedamaian mengingat kehadilan Mahkamah Syar`iyah merupakan sebuah perjalanan yang panjang dalam lika liku konflik dengan berbagai macam tuntutan rakyat Aceh dimana Syari`at islam adalah pintu masuk perdamaian. Terlahir pada 1 Muharram 1424 H/4 Maret 2021 M,  sebagai momentum hijrah kearah peradilan yang lebih baik  untuk menjawab tantangan rakyat Aceh.

Acara rangkaian kegiatan Milad Mahkamah Syar’iyah yang ke 19, diikuti oleh para Ketua Mahkamah Syar’iyah Kabupaten/ Kota se Aceh dan para kepala Daerah setempat dan undangan lainnya, yang berlansung selama dua hari mulai hari senin dan selasa dengan jadwal acara sebagaimana tersebut dalam surat Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh, yang diikuti secara zoom meeting ditempat Media Center satuan kerja masing-masing hingga acara selesai dan acara tersebut juga dengan memperhatikan protokoler Kesehatan pencegahan Covid-19.

Acara Milad 19 MS Aceh tahun ini  diisi dengan Seminar Internasional yang di isi oleh 3 Pemateri yang berkompeten terhadap khazanah keilmuwan dan sejarah awal terbentuknya MS Aceh. Adapun Materi yang disampaikan pada Seminar tersebut yaitu :

  1. Peran Mahkamah Agung dalam membina Mahkamah Syar’iyah di Aceh yang disampaikan oleh YM Hakim Agung Dr. H. Yasardin, SH, M.Hum.
  2. Pemerintahan Kolaborasi dalam Implementasi Syariat Islam di Aceh yang disampaikan oleh Dr. Ir. H. Azwar Abubakar, M.M.
  3. Best Practice Implementasi Syariat Islam di Malaysia oleh YAA Setia DR. H. Mohd Na’im Bin H. Mokhtar (Ketua Hakim Syarie Kehakiman Syariah Malaysia).

Seminar tersebut diatas dihadiri secara langsung oleh Para Pejabat yang antara lain Anggota DPR RI Asal Aceh,  Nasir Jamil, Ketua DPRA, Kajati Aceh, Mewakili Pangdam Iskandar Muda, mewakili Kapolda Aceh, mewakili Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Kepala Ombusman perwakilan Aceh, Ketua MPU, Rektor Unsyiah, Wakil Rektor II UIN Arraniry, dan pejabat lainnya, juga dihadiri secara daring oleh Bupati/Walikota dan Ketua Mahkamah Syar’iyah se Aceh.

Selain para pejabat tersebut, seminar Internasional ini juga dihadiri para sesepuh Mahkamah Syar’iyah Aceh antara lain Drs. H. Soufyan Saleh, S.H, Drs. H. Zufri Ghalib, S.H., M.H dan Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H, dan juga dihadiri oleh para Pemerhati Syari’at Islam di Aceh, dan Guru Besar UIN Ar Raniry antara lain Prof. Alyasa Abu Bakar, Prof. A. Hamid Sarong, dan dihadiri oleh tokoh masyarakat Aceh politisi Golkar Drs.  Azhary Bashar yang ikut berperan aktif atas lahirnya MS Aceh

Acara Milad dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Alquran kemudian sambutan Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh yakni Dra.Rosmawardani, SH MH, dan dilanjut dengan Seminar Internasional. Pada acara tersebut juga turut hadir dan memberikan kata sambutan yaitu Gubernur Aceh dan YM Wali Naggroe Tengku Malik Mahmud Al-Haytar.

Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Sabang Muhammad Syaifudin Amin, S.HI, mengucapkan Selamat Milad yang ke -19 untuk Mahkamah Syar’iyah semoga eksistensi syariat Islam di Aceh semakin bersinar sesuai dengan cita-cita dan harapan pada saat dibentuk, dan bagi aparatur MS Sabang khususnya baik hakim dan seluruh jajarannya dalam usia MS Aceh yang ke 19 tahun ini, kita disabang harus terus berkompetisi membangun kompetensi diri untuk melahirkan karya-karya besar untuk diberikan kepada masyarakat. Ulang tahun bukanlah sebagai sebuah perayaan yang biasa namun harusmenjadikan kita semua menjadoi orang yang luar biasa dalam proses pengabdian terhadap bangsa, Negara dan Aceh khususnya. Berikan kontribusi terbaik kepada rakyat agar apa yang kita lakukan menjadi indah dan manis. Demikian (FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here