Demosntrasi Rancangan Aktualisasi oleh Peserta Diklatsar MS Sabang

0
426

Sabang, 15/09/2021

Seorang CPNS MS Sabang Muhammad Wahyu Oktariansyah, A.Md. A.B Baru saja menlaksanakan Diklat Latsar on Campus gelombnag II angkatan IX  dan saat ini sedang melakukan proses pembuatan rancangan aktualiasasi di MS Sabang. Setelah mengikuti proses diklat secara online yang dibekali dengan materi Sikap Prilaku bela Negara, Nilai-nilai dasar PNS, kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, Habituasi  dan lain-lain maka diakhir perjalanan diklat Latsar tersebut ada kewajiban kepada peserta untuk membuat sebuah rancangan aktualisasi.

Setelah mendapat bimbingan dari mentor maka wahyu membuat perencanaan yang matang untuk melahirkan sebuah rancangan aktualisasi sesuai dengan kebutuhan satker. Dalam pandangan wahyu selama ini tata persuratan sudah berjalan dengan baik secara manual, pergeseran secara manual ini terkadang dipandang menjadi sebuah kendala ketika pejabat yang bersangkutan tidak berada di tempat karena ada tugas luar didalam daerah. Sehingga surat tersebut tidak langsung dapat dieksekusi dengan baik. Melihat kendala tekhnis ini maka lahirlah sebuah program aktualisasi tata persuratan secara digital dimana dengan aplikasi ini sebuah proses persuratan dapat terdiposisi dengan cepat melalui sebuah aplikasi dengan smart Phone, sehingga dimanapun dapat diproses dan diteruskan dalam waktu yang cepat.

Dalam proses pemaparan itu ada sesi diskusi untuk memberikan kesempatan kepada semua audien untuk dapat memberikan kritikan dan masukan kepada wahyu, sehingga dapat memperbaiki materi dari proyek aktualisasi ini. Banyak masukan yang diberikan oleh ketua. Para kasubbag dan kepaniteraan menunjukkan kehadiran aplikasi ini sangat dibutuhkan oleh satker Mahkamah Syar`iyah Sabang. Sehingga program ini harus didukung untuk tata persuratan digital yang lebih baik. Semoga sekses (FR)