Mahkamah Syar’iyah Sabang Mengikuti Implementasi E-Court dan E-litigasi Secara Virtual

0
412

Sabang, 17/01/2022

Mahkamah Syar`iyah Sabang dan Mahkamah Syar`iyah Singkil Memfasilitasi Mahkamah Syar`iyah  se Aceh untuk mengikuti pengajian implementasi E Court dan E-Litigasi secara Virtual. Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB dibuka oleh  wakil ketua MS Aceh Dr. Drs. H. Rafi`uddin, MH. Dimana kegiatan ini terlaksana karena masih terjadi perbedaan dalam implementasi perkara secara E Court dan E Litigasi. Wakil Ketua Mahkamah Syar`iyah Aceh menyambut baik apa yang dilakukan oleh Ketua MS Singkil dan Langsa yang telah menggagas kegiatan ini. Sebagai sesuatu yang baru kita harus membangun persepsi yang sama karena kita memang dituntut untuk mengikuti perkembangan kontektual. Bahwa kita dituntut untuk memberikan pelayanan dengan menawarkan berbagai kemudahan dengan tidak melanggar peraturan yang ada. Dengan payung hukum Perma Nomor 3 tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara Elektronik yang telah diubah dengan adanya PERMA Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan secara Elektronik merupakan salah satu inovasi yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung untuk menjamin kenyamanan pihak yang akan melakukan aktifitasnya, terutama bagi pihak yang akan mendaftarkan, mengikuti sidang di tengah pandemi Covid-19. Peraturan tersebut dikeluarkan atas dasar pertimbangan : Perwujudan asas sederhana, cepat dan biaya ringan sehingga dan perkembangan zaman yang harus melakukan pelayanan secara efesien.

Setelah wakil ketua MS Aceh membuka, host Badrul Jamal, S.H, MH wakil ketua MS Singkil mempersilahkan nara sumber Mohd Anton Dwi Purba Ketua  Pegadilan Agama Kuala Kapuas untuk menyampaikan materinya menyangkut dengan E Court dan E litigasi dan pakai prakteknya yang dilakukan oleh beberapa pengadilan agama selama ini.

Ketua MS Sabang Yunanto, S.HI, MH ditemani Wakil Ketua, Para Hakim, Panitera Muda dan Jurisita sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini karena dalam diskusi banyak sekali sharing ilmu dan pengetahuan didalamnya, yang nantinya bisa menjadi pembelajaran untuk kemudian mejadi kajian dan evaluasi di internal MS Sabang.

Kegiatan ini berlangsung sampai dengan pukul 16.00 WIB dan ditutup oleh Panitera MS Aceh bapak Drs Syafruddin . semoga kajian seperti ini dapat dapat terus dilaksanakan untuk menambah wawasan dan intelektual kita dalam melaksanakan tugas kita di bidang administrasi kepaniteraan. (FR)