BIMBINGAN MENTAL SPIRITUAL DI MS SABANG

0
376

Sabang, 16/02/2020

Dirimu adalah guru untukmu, spiritual bisa tumbuh dari jiwamu sendiri

(Frimen)

Rabu adalah hari peningkatan spitualitas MS Sabang, setiap pukul 08.15 WIB s.d 10.00 WIB dilaksanakan bimbingan mental dengan sistem rolling. Dimana sehari ditentukan tiga orang pengkaji dengan menggunakan aplikasi spinwheel. Kajian ini diberi nama kagasin (kajian gagasan kemanusian), sebuah kajian yang dilaksanakan untuk membangun kepekaan dan kemanusiaan untuk melahirkan kemanusiaan kita bersama.

Kegiatan kajian ini dibuka oleh Wakil MS Sabang Muhammad Syarifudin Amin, kemudian dilanjutkan pengantar Kajian oleh Ketua MS Sabang Yunanto, yang menyampaikan betapa kajian ini bukan untuk menggurui namun lebih kepada membagi pengalaman spiritual kita, ibarat mesin mobil tune Up (penyetelan ulang) maka begitu juga hati manusia perlu dilakukan penyegaran, pengetahuan Ruhani akan membangun kekuatan spirutual kita kedalam dan berdampak kepada lingkungan keluarga dan kerja kita sehari-hari. Untuk itulah kita duduk dan berbagi pengalaman dalam kajian setiap Rabu pagi, sebelum kita melakukan rutinitas kita sehari-hari. Diharapkan akan lahir dari kajian ini insan yang memberikan solusi kepada umat dan kita harus membangun keistiqamahan dalam kegiatan ini. Kesholehan sosial tidak akan lahir dengan sendirinya namun harus kita bentuk sedemikian rupa dalam komunitas yang peduli tentang itu, dan MS Sabang harus menjadi bagian tersebut.

Kemudian dilakukanlah SPINWHEL terpilih sebagai pengkaji pertama adalah Saudara Emil Ardiansyah, SE, yang mengisahkan tentang studynya yang dimulai dari SD sampai kuliah, semuanya dilakoni di sekolahan umum, namun akhirnya kita bisa ketemuan dalam satu atap dikantor MS Sabang, Saya bersyukur bisa menjadi bahagian dari keluarga peradilan Agama. Kemudian beliau melanjutkan kisah sahabat nabi tentang kekuatan sedeqah yang bisa mengubah peradaban dunia, suatu hari di jaman Rasulullah SAW ada seorang pemuda bersedeqah kepada pencuri, kemudian dihari berikutnya ternyata sedeqahnya diterima seorang pelacur, dan dihari ketiga niat baiknya untuk sedeqah diterima orang kaya. Ternyata apa yang dilakukan ini mendapatkan kritikan keras dari orang dilingkungannya, semua mengatakan apa yang dilakukan tidak tepat.

Berita ini sampai ketelinga Rasulullah SAW, dan Nabi SAW mengaprisiasi apa yang dilakukan sahabatnya tersebut, bahwa apa yang dilakukan tersebut akan membawa perubahan terhadap pencuri, pelacur dan orang kaya tersebut. Mereka bertaubat atas hikmah yang dilakukan tersebut.

Kemudian dilanjutkan dengan spinwhel kedua terpilihnya srikandi seorang PPNPN teladan MS Sabang, saudari ratna Dewi, beliau memaparkan tentang indahnya pelayanan ketika kita awali dengan melayani baik ke orang terlebih dahulu tanpa memandang status orang yang dilayani, karena memudahkan urusan orang lain akan mempengaruhi jiwa-jiwa kita, karena pasti Allah swt akan membantu meringankan beban hambanya. Dekati Aku melalui berkhidmat kepada hambaku. Bagaimana kita bisa mengactualisasi nilai-nilai transendental kita dengan memperkuat hubungan horizontal sesama.

Acara ditutup oleh Wakil MS Sabang. Beberapa hikmah yang disampaikan hari ini adalah pelajaran berharga untuk bisa di implimentasikan untuk kebaikan kita bersama. Rabu depan kita akan berkumpul kembali bersama dengan agenda yang sama. Siapkan sedeqah terbaik kita dan Pak wakil berharap dari pengkajian ini akan lahir gerakan keummatan dan buletin untuk membangun kebudayaan. Demikian (FR)