Mahkamah Syar`iyah Sabang mengikuti Rakor MS Se-Aceh di Takengon

0
319

Sabang, 24/05/2022

Delegasi Mahkamah Syar`iyah Sabang yang di ketuai oleh wakil Ketua MS Sabang Muhammad Syarifudin Amin, S.HI bersama Panitera Hermansyah, SH dan  Sekretaris Drs Fadly minus ketua Yunanto, S.HI, MH karena ketua sedang proses penyembuhan setelah beberapa hari rawat inap di rumah sakit harapan Bunda Aceh, akan mengikuti Rakor MS Se Aceh yang akan dilaksanakan oleh MS Aceh dengan tema “Membangun Sinergitas Mahkamah Syar’iyah Modern Berkelanjutan Menuju Birokrasi Berkelas Dunia“ yang bertempat di hotel Renggali Takengon, Aceh tengah.

Kegiatan Rakor dibuka langsung oleh Ketua Mahkamamah Syar’iyah Aceh Drs. H. Zulkifli Yus, MH, Beliau Meyampaikan Rakor ini merupakan tindak lanjut dari Rakor Badilag pada April 2022 di Surabaya, yang telah menghasilkan beberapa program unggulan dan mendapatkan penghargaan di bidang pelayanan publik dan didasari oleh dorongan yang kuat terhadap lembaga hukum dalam memberikan pelayanan publik yang berbasis teknologi, terutama bidang:

1. Penanganan pelayanan Disabilitas

2. Penanganan pemenuhan hak Perempuan & anak

3. Pernikahan Dini

4. Pelaksanaan Isi Putusan

Pelaksanaan Pelayanan yang modern harus berbasis pada:

1. Kemampuan IT adalah prioritas dalam melaksanakan tugas

2. Profesionalisme aparatur pengadilan

3. Menuju birokrasi yang bersih melalui ZI

serta meningkatkan profesionalisme ASN sebagai contoh di negara maju pelayanan bersih dan melayani sudah bukan aneh lagi. perubahan mindset menjadi ASN yg berAkhlak dilanjutkan dengan launching aplikasi seulanga

Ketua MS Aceh Launching Aplikasi SEULANGA (Surat Elektronik untuk Layanan Administrasi yang Adaptif)

Kegiatan ini adalah sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu setelah beberapa kali ditunda karena berbagai alasan tekhnis, karena bertepatan dengan berbagai macam agenda kegiatan yang pada awal tahun sampai dengan  bulan suci ramadhan 1433 H yang lalu. Sehingga momentul syawal diambil adalah sebuah langkah yang tepat sembari kita bisa mengikat saliturahmi keluarga besar MS se Aceh dengan harapan didalam Rakor tersebut nantinya akan melahirkan pembahasan-pembahasan untuk melahirkan berbagai macam produk yang bisa menjadi rujukan bagi kita dalam implementasi kerja kedepan. Banyak hal dan pengalaman yang dialami oleh setiap satker yang nantinya dapat dibagikan kepada kuorum untuk didiskusi dan menemukan jalan keluar, mengingat perkembangan hukum dewasa ini begitu cepat, sarana dan prasarana tekhnologi telah membuka kesadaran banyak orang, dan warga peradilan tidak boleh terlambat untuk mengikuti arus perubahan yang ada.  

Wakil MS Sabang sebagai pimpinan rombongan delegasi Sabang, menyampaikan keseriusan kita untuk mengikuti forum ini. Mengingat selama ini telah banyak dilakukan diskusi-diskusi internal bahkan di grup-grup whatsap bagaimana dinamika yang terjadi di beberapa satker, walau MS Sabang dalam sisi jumlah perkara sedikit dibandingkan tempat-tempat yang lain bukan berarti kita santai juga mengikuti perkembangan yang terjadi. Karena bisa jadi nanti kita akan berotasi kesatker yang jumlah perkaranya banyak. Harapan yang sama disampaikan oleh panitera dan sekretaris. Semoga rakor berjalan lancar serta melahirkan putusan-putusan yang yang bermanfaat bagi kita dan masyarakat. Amiin.