Ketua dan Wakil Mahkamah Syar`iyah Sabang mengikuti BIMTEK Mengkonstatir, mengkualifisir, mengkonstituir, perkara yang benar

0
401

Betapapun tajam pedang keadilan dia takkan memenggal kepala orang yang bersalah

Sabang, 09/06/2022

Ketua  Yunanto, S.HI dan Wakil Ketua MS Sabang  Muhammad Syaifuddin Amin mengikuti BIMTEK “ Mengkonstatir, mengkualifisir, mengkonstituir” yang benar secara virtual. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan pemateri Hakim tinggi  Drs H. Mohammad Yamin Awie, SH, MH. Dalam paparannya beliau menjelaskan diawali dengan kewenangan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar`iyah, kemudian dilanjutkan dengan tekhnik mengkonstatir sebagai kecermatan Hakim dalam menerima berkas, sampai menemukan pokok permasalahan para pihak, sampai penjelasan berlanjut kepada proses pemeriksaan disidang, kesimpulan dan lahirnya putusan.

Ketua dan wakil MS Sabang menyampaikan bahwa bimtek seperti ini sangat bermanfaat dalam mengasah kembali intelektualitas hakim, karena kita selalu membutuhkan penyegaran agar kita selalu aktual dalam mengambil setiap tindakan. Semoga apa yang disampaikan ini nantinya dapat kita bertajam kembali dengan hakim di MS Sabang, sehingga pengetahuan ini dapat di implementasikan secara nyata.  Demikian (FR)