Mahkamah Syar`iyah Sabang Menggelar Kajian Filontrapi Islam

0
278

Kasihanilah mahkluk, agar sang Khalik mengasihanimu

Rabu, 08/06/2022

Rabu pagi seperti biasa di Mahkamah Syar`iyah Sabang melaksanakan kajian kamo Gasin (Gagasan kemanusiaan) dalam kaitannya dengan Filantropi islam. Seperti biasa kegiatan ini dilakukan secara spontanitas dari kita untuk kita, artinya yang mengisi kajian adalah sesama kita dengan sistim spin Undian, sehingga semua kita mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi pemateri dan pendengar yang baik, dimana dalam sehari yang akan menjadi pemateri selama 3 orang.

Sesuai dengan undian pertama setelah dibuka oleh Sekretais Drs Fadly, maka yang memberikan penyajian adalah saudara Agus Ariady SE, PPNPN MS Sabang, dalam paparannya disampaikan pentingnya membangun pondasi keikhlasan dalam menyelesaikan semua beban pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita sembari membantu meringankan pekerjaan rekan dalam sebuah tim. Ikhlas akan membangun kegembiraan dan keceriaan dalam setiap proses pekerjaan sampai tuntas.

Setelah Agus, tibalah giliran Syahrul Ramadhan, tenaga PPNPN MS Sabang, syahrul mengangkat tentang pentingnya sebuah kebersamaan di kantor. Kebersamaan itu kata-kata yang mudah di ucapkan namun berat dalam pemberlakuannya. Kebersamaan adalah semangat yang ditularkan dari jiwa gotong royong, dimana inti dari semangat ini untuk menyelesaikan pkerjaan sesuai dengan target, bersama akan lebih mudah, bersama akan menghilangkan beban dipundak setiap individu, dan yang terpenting bersama akan menepis kesalahan dipundak personal.

Tibalah giliran ketiga Saudara Deru Samudra Karin B, A.md, CPNS Sabang yang berasal dari tanah Medan, spirit yang dibawakan dalam penyampiannya pada hari ini adalah syukur dalam tindakan. Betapa setiap jengkal kehidupan yang kita jalani ada rahasia Ilahi didalamnya terkadang yang belum bisa kita kuak didalamnya. Sering kita merasa kecewa, isi dengki dalam menyandingkan hidup kita dengan keberhasilan orang lain, tanpa kita melihat potensi yang terpendam dalam diri kita sendiri.

Demikianlah kajian filantropis ini berlangsung setiap rabunya, kajian ini ditutup dengan butiran hikmah yang disampaikan oleh Ketua MS Sabang Yunanto, SHI, MH dan Wakil Muhammad Syaifuddin Amin, S,HI, yang intinya mereka berdua menyampaikan bahwa kajian ini sangat tepat kita lakukan dan bagian yang tak terpisahkan dari harapan besar yang di canangkan, tentang pentingnya membagun jiwa kedermawanan, kajian ini harus mengetuk pintu-pintu hati kita untuk membangun kepedulian kepada sesamatidak perlu dalil jika kita menyadari betapa indahnya nilai-nilai kemanusiaan itu kita terapkan, menanamkan cinta dan kasih sayang, menyanyangi orang-orang yang termarginalkan, meniti jalan kemanuisaan untuk mengetuk pintu langit. Terima Kasih. (FR)