“Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Sabang ikuti Rakor Sistem Pengawasan Hakim Pengawas Bidang” di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, 2-4 Agustus 2022

0
29

Banda Aceh, 2-4 Agustus 2022 dilaksanakan Rapat Koordinasi Sistem Pengawasan Hakim Pengawas Bidang Pengadilan Tingkat Pertama Se-Wilayah Aceh. Kegiatan dilaksanakan berdasarkan surat dari Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 641/BP/Eks/VI/2022 tanggal 27 Juni 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Hermes Palace Hotel Banda Aceh, peserta dari Mahkamah Syar’iyah Sabang diikuti oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Sabang (Yunanto,S.H.I.,M.H) dan Wakil Ketua (Muhammad Syaifudin Amin, S.H.I., M.H). Kabawas YM. Bapak Sugiyanto membuka kegiatan ini dengan didampingi oleh Inspektur Wilayah I yaitu YM. Bapak Aviantara, serta Sekretaris Badan Bapak H. Andi Kurniawan, tamu undangan yaitu YM. Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Banda Aceh, Kepala Pengadilan Militer Banda Aceh.

Dalam sambutannya Kabawas menyampaikan bahwa kegiatan rakor ini dilaksanakan dalam rangka membekali para hakim pengawas bidang yang notabene masih baru dan muda sebagai bekal melaksanakan pengawasan dengan baik. Secara keseluruhan peserta terdiri dari Pimpinan, Hakim Peradilan Umum dan Mahkamah Syar’iyah se-Wilayah Aceh serta Pimpinan, Hakim Peradilan TUN dan Militer. Disamping itu, Kabawas juga menyampaikan tujuan dari pengawasan itu sendiri. Pengawasan itu dilakukan dengan tujuan supaya tata kelola administrasi peradilan baik bidang kepaniteraan dan kesekretariatan serta manajemen peradilan berjalan dengan baik dan benar. Para peserta sangat antusias mengikuti setiap materi yang ter-update yang diberikan oleh tim  dari Bawas Mahkamah Agung RI (2-4 Agustus 2022).