Hakim Mahkamah Syar’iyah Sabang Mengikuti Sosialisasi Data Falakiyah

0
206

Senin, 17 April 2023

Sabang – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H dan menindaklanjuti hasil Musyawarah Kerja ahli Hisab Kementerian Agama Republik Indonesia, Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Agama mengadakan Sosialisasi Penerapan Kriteria Imkanur Rukyah Baru MABIMS. Pelaksanaan Kegiatan ini dilakukan secara online/daring yang diikuti oleh Hakim di Seluruh Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah. Dalam agenda ini, Mahkamah Syar’iyah Sabang dihadiri langsung oleh Hakim Mahkamah Syar’iyah Sabang yaitu Ibu Nurul Husna, S.H dari Ruang Media Centre Mahkamah Syar’iyah Sabang.

Kegiatan sosialiasi dibuka oleh Ibu Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H yang membuka kegiatan sosialiasi membahas terkait bagaimana tupoksi Kementerian Agama dalam melaksanakan rukyatul hilal serta tupoksi Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah dalam melaksanakan sidang itsbat untuk rukyatul hilal ini. Beliau berpesan kepadaseluruh PA/MS untuk selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan kemenag dalam pelaksanaan rukyatul hilal serta tetap berpedoman kepada Surat Dirjen Tentang Cara Itsbat Rukyatul Hilal.

Dilanjutkan oleh Bapak Drs. Wahyu Widiana, M.A. yang menjelaskan terkait paparan bagaimana posisi hilal atau kriteria imkam rukyat terbaru. Kemudian, Pak Muhammad Sapi’i S.Ag., M.Ag. yang menghimbau agar kepada Kemenag untu membuat permohonan Itsbat ke Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah dengan syarat formil dan materiil perukyat (observatif) yaitu: Muslim, Baligh, Waras/berakal serta Adil.

Semoga pelaksanaan di tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan menciptakan kerukunan dalam menyambut hari yang fitri. (JH)