Ketua & Panitera Mahkamah Syar’iyah Sabang menghadiri Rukyatul Hilal Awal Syawal 1444 H di Pantai Kasih Sabang

0
263

Kamis, 20 April 2023

Sabang – Bertepatan dengan tanggal 29 Ramadhan 1444 H, pada pukul 18.00 waktu setempat berlokasikan di Pantai Kasih, Gampong Kuta Ateuh, Kota Sabang, Kegiatan Rukyat Hilal awal Syawal 1444 H dihadiri langsung oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Sabang yaitu Bapak Yusnardi, S.H.I., M.H. yang bertindak sebagai Hakim Tunggal dan didampingi oleh Panitera Mahkamah Syar’iyah Sabang yaitu Bapak Syahrul Muhajir, S.H.I.
Dalam kegiatan tersebut turut juga dihadiri oleh Plh. Kepala Kanmenag Kota Sabang yaitu Bapak Masri, S.Ag.; Plt. Kasi Bimais Kemenag Sabang yaitu Bapak Eriad, S.T.; Plt. Kepala Dinas Syariat Islam Kota Sabang yaitu Bapak Drs. Marwan; Ketua MPU Kota Sabang yaitu Bapak Tgk. Baharuddin, S.H.; Ketua PD Muhammadiyah Kota Sabang yaitu Tgk Zulkarnain serta Kepala KUA Kec. Sukajaya yaitu Bapak M. Yani, S.Ag, MA.Hk.

Dalam pelaksanaan Rukyatul Hilal tersebut yang dilakukan oleh seluruh unsur yang hadir secara bergantian menyaksikan melalui alat yang digunakan, namun dikarenakan kondisi cuaca yang kurang baik dalam pelaksanaannya HILAL TIDAK NAMPAK KARENA TERTUTUP AWAN TEBAL. Sehingga dari Kota Sabang penentuan Hilal di Kota Sabang tidak dapat ditentukan.

Laporan hasil kegiatan rukyat hilal ini akan dikirimkan ke Kementerian Agama melalui Kanwil Kementerian Agama Prov Aceh untuk dibahas dan diambil keputusan secara resmi oleh pemerintah dalam penentuan 1 Syawal 1444 H.

Yang berdasarkan keputusan Sidang Itsbat yang dipimpin oleh Menteri Agama RI yaitu Bapak Yaqut Cholil Qoumas Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1444H/2023M jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023. (JH)