Focus Group Discussion (FGD) Kegiatan Penyusunan Naskah Kajian Tahun 2023

0
300

Senin, 4 September 2023

Sabang – Berdasarkan surat undangan Nomor 1594/Bld.2/Lit/S/8/2023 tanggal 29 agustus 2023 Mahkamah Syar’iyah Sabang yang dipresentasikan langsung oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Sabang yaitu Bapak Yusnardi, S.H.I., M.H. beserta Hakim Mahkamah Syar’iyah Sabang yaitu Bapak Shoim, S.H.I. serta Ibu Nurul Husna, S.H. yang mengikuti kegiatan Penyusunan Naskah Kajian Tahun 2023 dengan judul “Implementasi Wewenang Komisi Yudisial dalam Menjaga dan Menegakkan Kehormatan dan Keluhuran Martabat serta Perilaku Hakim” kali ini secara daring via zoom dari Ruang Media Centre Mahkamah Syar’iyah Sabang pukul 8.30 WIB. Selain itu, kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding, Hakim Pengadilan Tingkat Banding, Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Pertama dan Hakim Pengadilan Tingkat Pertama Seluruh Indonesia.

Kegiatan ini dibuka pukul 8.30 WIB yang dilanjutkan dengan Focus Group Discussion sesi I oleh Narasumber YM. Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., MCL. dengan Materi “Dinamika kewenangan Komisi Yudisial dalam menegakkan kehormatan, keluhuran martabat serta perilaku Hakim dan Kemandirian Hakim” selama 1 jam sampai pukul 10.30 yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta untuk meningkatkan kualitas pemahaman serta memperluas pandangan terhadap materi yang disampaikan.

Selanjutnya kegiatan Focus Group Discussion sesi II dilanjutkan oleh 2 (dua) narasumber yaitu YM. Dr. H. Harjono, S.H., MCL. tentang materi “Filosofi dan Sejarah Pembentukan Komisi Yudisial” serta Narasumber kedua ialah YM. Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum yang merupakan Ketua Umum Pengurus Pusat IKAHI dengan membawakan materi “Implementasi wewenang Komisi Yudisial dalam menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat serta perilaku Hakim”.

Semoga dengan kegiatan positif dan berfaedah semacam ini dapat memberikan manfaat bagi Hakim dan seluruh Penegak Hukum di Indonesia. (JH)