Webinar Capaian Kerjasama MA RI dan FCFCOA dalam Peningkatan Akses Keadilan

0
161

Selasa, 26 September 2023

Sabang – Ketua Mahkamah Syar’iyah Sabang yaitu Bapak Yusnardi, S.H.I., M.H. beserta Hakim yaitu Shoim, S.H.I.; Panitera MS Sabang yaitu Syahrul Muhajir, S.H.I.; Panitera Muda Hukum yaitu M. Bardan, S.H.I.; Panitera Muda Jinayat yaitu Ibu Idia Isti Iqlima, S.H.I., M.H. serta Jurusita yaitu Idris, S.H. mengikuti Webinar Capaian Kerjasama MA RI dan FCFCOA dalam Peningkatan Akses Keadilan.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama mitra pembaruan Mahkamah Agung RI dengan FCFCOA (Federal Circuit and Family Court of Australia). Kegiatan ini dilaksanakan dan diikuti secara daring oleh masing-masing satuan kerja Pengadilan baik Peradilan Umum maupun Peradilan Agama pukul 13.30 WIB.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI yang diikuti oleh seluruh peserta kegiatan webinar. Selanjutnya, Pidato kunci sekaligus Pembukaan dari Ketua Mahkamah Agung RI yaitu YM. Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. yang menyampaikan pesan bahwa betapa pentingnya peningkatan akses keadilan termasuk di dalamnya akses terhadap kelompok rentan dan penyandang disabilitas.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan Penyampaian Presentase Praktik Baik di Pengadilan Negeri oleh Dirjen Badilum MA RI yaitu YM. H. Bambang Myanto, S.H., M.H. serta dilanjutkan dengan Presentase Praktik Baik di Pengadilan Agama oleh Dirjen Badilag MA RI yaitu YM. H. Bambang Heri Mulyono, S.H., M.H. yang kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh mitra pembaruan Mahkamah Agung RI yaitu The Hon. Chief Justice Will Astergen FCFCOA.

Kemudian, kegiatan berlanjut pada sesi tanya jawab yang berlangsung dua arah dari masing-masing satker kepada Pimpinan Mahkamah Agung RI dan kedua Dirjen Badan Peradilan yang berlangsung dengan aktif dan menarik. (JH)