MAHKAMAH SYARI`YAH SABANG SANGAT MENGAPRESIASI RAKOR BADILAG 2021

0
451

Sabang, 3/3/2021

Ditjen Badilag MA akan melaksanakan rapat koordinasi pada tanggal 2-3 Maret 2021 yang akan datang secara virtual. Rakor kali ini melibatkan Badilag dan Kamar Agama serta PTA seluruh Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, Rakor yang akan membahas berbagai isu strategis dalam menjadikan PA dan Mahkamah Syar`iyah seluruh Indonesia sebagai pengadilan modern mengusung tema “Membangun Peradilan Agama modern berkelanjutan menuju birokrasi berkelas dunia”.

Tema tersebut tidak berlebihan karena menampilkan pembicara dari dalam dan luar negeri. Selain menampilkan nara sumber dari MA yaitu Ketua Kamar Agama dan Hakim Agung, juga menampilkan pembicara yang mumpuni di bidangnya seperti Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. Sedangkan pembicara dari luar negeri yaitu Ketua Jabatan Kehakiman Syariah Malaysia Prof. Ajung Datuk Setya.

Selain itu, akan tampil pembicara dari Family Court of Australia Judith Ryan. Hal ini akan semakin mengokohkan hubungan kerjasama antara kedua instansi yang saling berjauhan ini. Dan pungkasnya adalah pembicara dari timur tengah yaitu Rektor Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Arab Saudi. Menurut rencana rakor tersebut akan dibuka sekaligus memberikan arahan oleh Ketua Mahkamah Agung RI YM Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H.

Dijelaskan oleh Ketua Mahkamah Syar`iyah Sabang Lukmin, S.Ag, ME, setelah Bapak Dr. Drs.  H. Aco Nur, S.H., M.H. menjadi Dirjen Badilag telah banyak terobosan yang dilakukan dengan melahirkan Aplikasi Auto Court Online (ACO) tersebut terdiri dari 11 Aplikasi Uggulan Ditjen Badilag dimana dengan inovasi-inovasi tersebut memberikan kemudahan kepada internal dan eksternal yang memudahkan para pencari keadilan menuntut dan memperjuangkan haknya di PA dan Mahkamah Syar`iyah. “Banyak sekali inovasi yang dilahirkan dalam mewujudkan PA/MS menjadi pengadilan modern dan berbasis teknologi informasi,” ungkap Lukmin memuji prestasi dibawah kepemimpinan saat ini.

Masih menurut Ketua MS Sabang, dirinya menyambut baik dan akan mempersiapkan segala sesuatunya agar rakor tersebut dapat diikuti dengan sebaik-baiknya. Menurutnya, baru kali ini rakor Badilag menggaungkan tema berkelas dunia. “Saya begitu antusias sekali dalam menyambut pelaksanaan rakor tahun 2021 ini karena berkelas dunia,” dengan demikian PA/MS akan berdiri sejajar dengan peradilan yang ada dimuka bumi ini. Kita tak lagi merasa minder ketika berhadapan dengan sistem peradilan dimanapun juga kata Lukmin tersenyum yang di amini oleh Emil Ardiansyah SE sebagai Plt Sekretaris dan Panitera.

“Mahkamah Syar`iyah Sabang sangat antusias dan mengapresiasi Rakor ini dengan mempersiapkan diri untuk mengikuti rakor yang digelar secara virtual tersebut,” tandasnya.

Dalam rundown rakor Badiag disebutkan, selain membahas berbagai permasalahan seputar teknis yustisial maupun yang lainnya, rakor juga akan memberikan penghargaan kepada satuan kerja yang meraih prestasi. Penghargaan yang diberikan meliputi sertifikat APM, peraih WBBM, peraih WBK, peringkat terbaik SIPP tahun 2020 dan lain-lain.

“Selamat dan sukses atas pelaksanaan rakor Badilag semoga menghasilkan keputusan yang akan mengantarkan PA/MS menjadi pengadilan modern berkelas dunia. (FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here