Kuliah Tujuh Menit Mencerahkan

0
49

Sabang/20-04-2021

Rabu siang di kota sabang sangatlah terik, begitu juga yang terasa di ruang – ruang kerja MS Sabang, temperatur ruangan mencapai 30 derajat celcius. Tibalah waktu sholat dhuhur, kebetulan pada ramadhan di tahun ini dilaksanakan di kantor dengan menyulap ruang Media center menjadi tempat sholat, dimana setelah itu dilanjutkan dengan kajian yang pada hari rabu ini dibawakan oleh Ketua MS Sabang, Lukmin S.Ag setelah dipersilahkan oleh moderator kasubbag Umum dan keuangan Sukma, S,HI, MH. Kajian ini mengambil tema besar tentang tasiran surat Ibrahim Ayat 7. Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Kajian yang dibuka ayat ini terus mengalir dengan beberapa hadis tentang betapa pentingnya bagi kita untuk meningkatkan rasa syukur kepada Allah swt. Apapun rezeki yang kita peroleh adalah buah kasih sayang dari Allah swt. Kepada hambanya, sehingga wujud dari rasa syukur harus menjelma menjadi sesuatu yang bermanfaat kepada kita dan lingkungan dimana kita berada. Hal ini dapat kita implementasikan dengan bersedeqah untuk berbagi kepada sesama. Dalam berharta tentu kita harus sering  melihat kebawah sehingga terbangun sebuah optimisme dalam hidup dan kehidupan kita.

Momentum Ramadhan hendaknya membuka khazanah pikiran kita untuk lebih merasakan penderitaan masyarakat yang selama ini termarginalkan. Mereka yang harus menggais rezeki dengan cara yang keras dan berat dibandingkan kita yang berada di ruang-ruang ber AC. Mungkin karena perputaran uang dikalangan masayarakat berada telah membuat jurang pemisah dengan masyarakat kecil. Itulah perlunya berderma sebagai wujud penghambaan kita kepada Allah swt. Dengan meningkatkan sedeqah kepada masayarakat yang membutuhkannya. Dengan demikian akan terbangun kepribadian yang penuh rasa syukur untuk kita pupuk dan kita kembangkan untuk menjadi insan yang bertaqwa. (FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here