Ba`da Dzuhur Membedah Tentang Tafakkur

0
31

Sabang,27/04/2021

Sholat dzuhur berjamaah dilanjutkan dengan kajian adalah agenda kegiatan MS Sabang pada Ramadhan tahun 1442 H. pada hari selasa, tanggal 27 April 2021 yang menjadi nara sumber adalah bapak sekretaris MS Sabang, Drs H. Fadly. Beliau membawa jamaah untuk berfikir atas kebesaran Allah swt dengan judul kajian Tafakkur. Beliau mengawalinya dengan tafakur berasal dari kata kerja tafakkara yang artinya mempertimbangkan atau memikirkan.

Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa yang membedakan manusia dengan makhluk lain adalah pikiran. Ketika pikiran tidak berjalan dengan baik maka kita sudah gagal menjadi seorang manusia. Ketiadaan otak akan membuat kita jatuh dalam kondisi yang sangat rendah. Begitu pentingnya kita terus mengembangkan akal pikiran kita agar senantiasa membuat kita semakin mengenal diri kita, karena mengenal diri adalah sebuah jembatan untuk mengenal zat yang maha menciptakan segala sesuatunya.

Dalam banyak literatus terutama dalam kitab suci Al quran dan hadist rasulullah saw, kita diajak untuk berfikir tentang kekuasaan Allah swt, bahkan dalam beberapa hadist di sebutkan bahwa ketika kita berfikir maka kegiatan berfikir itu lebih utama dari ibadah semalaman, atau dalam hadist yang lain disebutkan lebih mulia dari 100 rakaat sholat sunat.

Salah satu tanda kita berfikir adalah ketika dibulan Ramadhan kita mampu melakukan hal-hal yang positif. Buah dari sebuah pemikiran untuk tampil lebih baik dalam kehidupan. Kita berfikir untuk kehidupan yang abadi dengan mempersiapkan modalnya dari sekarang. Orang yang berfikir positif akan melahirkan tindakan-tindakan positif dalam kehidupannya. Contohnya dia akan melakukan kontribusi positif untuk kemanusian dan lingkungan. Nilai-nilai ibadahnya akan berdambak untuk orang sekitarnya, dia akan membantu orang lain dengan harta dan perbuatannya, akan melahirkan karya-karya yang baik dalam pekerjaannya serta akan melahirkan nilai-nilai yang berguna bagi bangsa dan negaranya.

Rutinitas ini diikuti oleh semua unsur yang ada di Mahkamah Syar`iyah Sabang, semoga apa yang disampaikan tadi menjadi motivasi untuk kita semua dalam membenahi pikiran kita kearah yang lebih bermamfaat karena disitulah keunggulan kita sebagai manusia. (FR)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here