MS Sabang Laksanakan Kegiatan Diklat di Tempat Kerja (DDTK)

0
532

Sabang, 17 Juni 2021

Diklat sebagaimana kita pahami bersama memegang peranan penting terutama dalam melakukan kontribusi terhadap peningkatan etos kerja pegawai. Apalagi dengan perkembangan kekinian DDTK ini dipandang menjadi salah satu solusi untuk menindaklanjuti titik lemah dalam mencapai tujuan organisasi.  Sesuai dengan surat tugas Ketua MS Aceh Nomor W1.A/1828/PP.00.4/VI/2006 tanggal 9 Juni 2021, maka MS Sabang mendapat kehormatan untuk dapat melaksanakan Diklat ditempat kerja. Dimana dalam pelaksanaannya yang berlangsung 15 – 18 Juni 2021 tersebut hadir nara sumber Drs H. Efrizal, SH, MH (Hakim Utama Muda/Hakim Tinggi Aceh), bersama beliau turut serta Drs. Sabri, SH (Panitera Pengganti MS. Aceh) dan H. Bahrum, SH, MH (Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga MS Aceh)

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua MS Sabang Lukmin S.Ag, ME ini pada pukul 08.30 WIB di ruang Media Center ini, berlangsung santai namun tetap serius. Kegiatan diikuti oleh semua Hakim, Kepaniteraan dan kesekretariatan serta pegawai ikut terlibat dalam pendidikan ditempat kerja ini. Dalam arahannya Hakim Tinggi MS Aceh bapak Efrizal menyampaikan bahwa dalam DDTK kali ini kegiatan berlangsung perkelompok kerja saja. Dimana nanti tim kepaniteraan akan langsung dipandu oleh bapak Sabri sementara tim kesekretariatan akan di dampingi oleh bapak bahrum, sementara saya sendiri akan mengambil beberapa sample berkas perkara untuk saya lihat ungkap yang mulia bapak Efrizal. Namanya semua diklat maka pada hari ini kehadiran kami tidak dalam kontek pengawasan namun lebih melihat dari dekat bagaimana proses dan implementasi kerja perbidangnya. Karena selama ini MS Sabang tidak temuan atau permasalahan. Namun demikian kehadiran kami disini harus mampu berkontribusi bersama dengan MS Sabang untuk menjadi lebih baik.

Untuk pelaksanaannya kepaniteraan mengambil tempat diruang media centre, sementara kesekretariatan langsung dari ruang kerja kesekretariatan. Kegiatan ini dimulai dengan sebuah simulasi bagaimana sebuah perkara dari proses pendaftaran sampai dengan sebuah Berita Acara di minutasi. Dengan diawali sebuah ilustrasi bahwa ada beberapa perkara yang belum sesuai dengan acuan pembuatan berita acara yang ideal, karena BAS adalah sebuah potret jalanya proses pemeriksaan perkara dalam persidangan yang dimulai dari awal dan diakhiri sampai dibacakannya putusan/ penetapan hakim. Jangan sampai  fakta-Fakta persidangan tidak terpotren dengan baik. Jadi selama 3 hari ini kita hanya melakukan simulasi tentang berita acara persidangan perdata.

Sementara tim kesekretariatan juga berangkat dari alur pekerjaan masing-masing Kasubbag sesuai dengan tupoksi. Sehingga keliatan dimana sebuah proses itu menjadi macet dan dikomunikasikan untuk mencari solusi terbaik dalam implementasinya.

Dalam kesempatan ini, Ketua MS Sabang menyampaikan dan mengharapkan kepada semua jajarannya di MA Sabang, untuk terus membangun kekompakan kerja dengan membangun tim efektif dalam setiap proram kerja yang sedang berjalan dan akan kita lakukan kedepan. Jangan mudah menyerah dalam setiap business proses. Komunikasikan segala sesuatunya dengan baik sampai tercapainya output yang ingin kita capai. Monitoring dan Pengawasan harus di lakukan untuk meningkatkan kualitas yang kita capai.

Kegiatan Diklat Ditempat Kerja ( DDTK) tersebut, berjalan dengan baik dan lancar serta diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab. (FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here