Mahkamah Syar`iyah Sabang Mengikuti Sosialisasi PP No. 30 tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja PNS

0
393

Sabang, 27/12/2021

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI  mengelar acara Sosialisasi PP No. 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS. Kegiatan berlangsung secara virtual dari Command Centre/Media Centre masing-masing, pada senin 27 Desember 2021. Dari Mahkamah Syar`iyah Sabang yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini terdiri dari Ketua, wakil Ketua, para Hakim, Sekretaris, Panitera, kasubbag kepegawaian dan Jurusita Pengganti dengan ditemani oleh operator Marwisyah.

Kegiatan Sosialisasi dibuka langsung bapak Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, SH, MH. Dengan menghadirkan nara sumber  dari unsur Biro Kepegawaian BUA MA RI, kementerian Pendayagunaan aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Badan Kepegawaian Negara. Sementara yang menjadi peserta Pimpinan, Hakim dan Aparatur Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama di seluruh Indonesia.

Beberapa hal baru tentang penilaian kinerja PNS terungkap dalam acara tersebut. diantaranya adalah digantinya aspek Integritas dengan aspek Inisiatif Kerja dalam penilaian perilaku.

Penilaian perilaku juga tidak hanya dilakukan oleh atasan langsung PNS bersangkutan. Kini dimunculkan istilah penilaian 360″. Tidak hanya atasan, rekan kerja setingkat dan bawahan dimungkinkan untuk memberi penilaian perilaku seorang PNS.

PP baru yang mengganti PP No. 46/2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS ini memang baru akan efektif berlaku 2 tahun akan datang. Setelah aturan turunan (Juklak dan Juknis) berupa Permen dan Perka diterbitkan oleh Kemenpan dan BKN. Kegiatan sosialisasi untuk memberikan pengetahuan tentang tekhnis penilaian kinerja PNS sembari untuk mendapatkan masukkan dan input bagi penyusunan regulasi turunan tersebut.

Semoga petunjuk teknis penerapan PP No. 30/2019 tentang Penilaian Kinerja PNS bisa segera dirumuskan dan ditetapkan. Sehingga pada saat PP tersebut diberlakukan bisa berjalan dan dipahami dengan baik oleh para PNS dan pengelola kinerja pegawai kata Yunanto, S.HI, MH ketua MS Sabang. (FR)