Gotong Royong Ciptakan Lingkungan Kerja Mahkamah Syar`iyah Sabang bersih dan Sehat

0
337

DiDalam Kantor yang bersih dan sehat,akan membentuk pemikiran cemerlang

Sabang, 18/02/2022

Setiap manusi karena cinta akan kebersihan. Apapun suku dan agamanya kebersihan adalah hal yang universal tak peduli dia terpelajar atau tidak. Karena Bersih adalah hal yang paling mudah dan sederhana namun akan berdampak pada kehidupan kita. Bahkan dalam agama bersih adalah pintu masuk fiqih. Tak ubahnya sebuah kantor kebersihan akan mempengaruhi pola pikir dan tindakan semua yang terlibat dalam instansi tersebut. Inilah yang mendasari Semua elemen yang ada di Mahkamah Syar`iyah Sabang untuk melakukan kegiatan jumsihat Kreative Day. Sebuah kegiatan yang digagas setiap jumatnya untuk melakukan kegiatan jumat bersih dan membangun kreatifitas didalamnya. Misalnya membersihkan lingkungan, merubah tata letak ruangan, arsip dan bahkan melahirkan karya – karya untuk membangun rasa kepemilikan terhadap dunia kerja yang kita geluti tiap harinya.

Kegiatan Jumsihat, (jumat/18/2/2022) langsung dipimpin oleh Wakil Ketua Muhammad Syaifudin Amin, S.HI dan diikuti semua karyawan. Pada hari Ketua, Sekretaris, Panitera dan beberaopa rekan tidak bisa bersama karena sedang mengikuti berbagai agenda lepas sambut sekretaris MS Aceh di Banda Aceh. gotong royong membersihkan lingkungan luar dan dalam mulai dari halaman luar, ruang kerja, penataan PTSP dan ruangan kerja masing-masing. Dengan kekuatan 12 orang personil semua dilakukan dengan penuh kegembiraan dan canda tawa. Paling tidak ini memebaskan sedikit pikiran pekerjaan dari senin sampai kamis.

Wakil Ketua memandang bahwa ini pekerjaan yang sederhana, membangun kantor dan semua sarana prasarana didalamnya mudah, namun merawatnya ini membutuh keuletan kita, karena apa yang kita bangun akan hilang keindahannya jika kita tidak melakukan rutinitas jumsihat seperti yang kita lakukan ini. Jadi ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh semua pimpinan dan karyawan MS Sabang.

Ditambahkan Emil Ardianyas sebagai plh Sekretaris , Gotong Royong atau Jumat Bersih menentukan perilaku hidup bersih, pola hidup sehat di lingkungan tempat kerja . Lingkungan tempat kerja yang sehat akan mendukung sikap kerja personil yang sehat dan nyaman. “Kita harus membiasakan diri hidup sehat dan salah satu indikator hidup sehat adalah lingkungan yang bersih, jadi tidak di rumah saja harus bersih, di kantor juga harus bersih.  Jurusita Idris, SH mengatakan bahwa kegiatan jumsihat ini bagian terpenting dari semangat berbangsa dan bernegara karena gotong royong adalah identitas warga negara Indonesia. Mari terus budayakan semangat gotongroyong ini dimanapun dan kapanpun. (FR)