Ketua Mahkamah Syar`iyah Sabang Menghadiri Proses Penyaluran Zakat Oleh Baitul Mal Sabang

0
286

Sabang, 29/03/2022

Momentum menyambut Ramadhan 1443 H tahun ini seperti biasa Baitul Mal Kota Sabang melakukan pembagian zakatsebagaimana yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Ini merupakan bahagian dari usaha kita untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang kurang mampu sehingga momentum menyambut ramdhan bisa membuat mereka terhindar dari himpitan kerasnya kehidupan walau itu belum bisa kita lakukan secara permanen.

Ketua Mahkamah Syar`iyah Sabang sebagai anggota dewan Pembina selalu berpartisipasi dan memberikan perhatian dan pemikiran agar pelaksanaan pembagian ini dapat dilakukan dengan baik dan tepat sasaran. Sehingga dalam prakteknya kita berniat baik namun jangan sampai melahirkan fitnah-fitnah dikemudian hari.

Ketua Mahkamah Syar`iyah Sabang Yunanto,S.HI, MH. Mengatakan Baitul Mal sebagai bahagian dari lembaga pemerintah Aceh yang diamanahi sebagai pengelola zakat melalui amanat UUPA, dapat melakukan tanggung jawabnya untuk menjawab persoalan keummatan dewasa ini. Kita sering membaca di media bahwa ada persoalan kemiskinan yang disematkan berdasarkan data statistik. Kepada Aceh bahwa di Aceh masih banyak kaum mustad`afin maka lembaga Baitul Mal ini harus bisa menjawab dengan berbagai usaha proaktif untuk mensuport  pemerintahan Aceh dan Kota Sabang agar Aceh bisa keluar dari zona miskin ini. Karena dalam kenyataannya kita melihat kehidupan masyarakat berjalan dengan baik, namun bisa jadi mental masyarakat kita yang sudah rusak dan lebih senang menerima bantuan. Dan jika ini terjadi maka kita akan sulit keluar dari zona miskin yang sudah ditetapkan.

Sementara itu, Kepala Baitul Mal Kota Sabang, Zulhilmi MY SAg, menjelaskan total keseluruhan pendapatan zakat masa haul 2021, penyaluran tahun 2022 mencapai Rp 2.045.916.522 untuk ketujuh senif, yakni senif fakir, miskin, amil, muallaf, gharim, fisabilillah dan ibnu sabil. Untuk senif fakir dan miskin yang disalurkan hari ini mencapai Rp 1.341.020.000. Sementara untuk nominal yang dibagikan, senif fakir per KK akan di berikan sebesar Rp. 300 ribu dan Rp. 130 ribu per tanggungan. Sedangkan senif miskin per KK diberikan sebesar Rp 110 ribu dan Rp 30 ribu per tanggungannya.

Dengan semangat dan optimisme para pelayan umat yang bertugas di Baitul Mal kota Sabang, besar harapan kita kepercayaan Masyarakat Sabang kepada lembaga ini akan terus terbangun lebih baik. Sehingga muzakki yang menitipkan zakatnya, dan tentunya akan semakin besar pula yang kita bisa berikan kepada mereka yang membutuhkan. Demikian (FR)