Sosialisasi e-IPLANS

0
295

Sabang – e-IPLANS adalah Sebuah Sistem Untuk Menyusun Anggaran Dengan Tahapan Berjenjang Pada Satuan Kerja Di Bawah Mahkamah Agung RI. Sehubungan akan dilakukannya penginputan Data Usulan Baseline TA 2024 melalui aplikasi E-IPLANS, maka perlu dilaksanakan sosialisasi dalam hal penggunaan aplikasi tersebut secara online (zoom meeting) yang diselenggarakan Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi untuk diikuti seluruh unit satuan kerja pengadilan pada Jumat 23 Desember 2022 secara virtual.

Pada sosialisasi secara daring tersebut dimulai pada pukul 08.30 WIB. Kegiatan dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan Dan Organisasi, Badan Urusan Administrasi, Bapak Sahwan. Dalam arahan nya, Beliau menyatakan bahwa kehadiran aplikasi e IPLANS ini sebagai jawaban atas instruksi dari Pimpinan Mahkamah Agung RI bahwa setiap biro di Mahkamah Agung memiliki aplikasi berbasis elektronik untuk memudahkan peradilan tingkat banding dan tingkat pertama. Untuk itu, Biro Perencanaan bekerja sama dengan Tim Informasi Teknologi dari biro keuangan meluncurkan aplikasi ini agar perencanaan antara tingkat pusat antara dan daerah dapat lebih bersinergi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan materi yang disampaikan langsung oleh Bapak Hamzah. e- IPLANS merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menampung usulan rencana anggara bagi setiap satker yang berada dibawah Mahkamah Agung RI.  Mulai dari usulan baseline tahun 2024 dan seterusnya, semuanya usulan perencanaan anggaran harus diusulkan secara elektronik melalui aplikasi e-iplans. Kasubbag Perencaan pada setiap satker dapat melakukan login pada aplikasi e-IPLANS dengan menggunakan username dan password yang digunakan untuk login pada aplikasi e-BIMA. Dalam aplikasi e-IPLANS ini Pengadilan tingkat banding menganalisa usulan baseline berdasarkan skala prioritas kebutuhan pengadilan tingkat pertama di wilayah masing-masing. Semoga dengan semakin berkkembangnya teknologi informasi semakin meningkatkan efektifitas sehingga memberikan kepuasan kepada Masyarakat (JH)