Ketua & Panitera Mahkamah Syar’iyah Sabang menghadiri Rukyatul Hilal di Tugu KM 0

0
220

Rabu, 22 Maret 2023

Sabang – Dalam upaya untuk menentukan penetapan 1 Ramadhan 1444 Hijriah, Ketua Mahkamah Syar’iyah Sabang yaitu YM. Bapak Yusnardi, S.H.I., M.H. serta Panitera Mahkamah Syar’iyah Sabang yaitu Bapak Hermansyah, S.H. bersama dengan personil dari Kemenag Kota Sabang, Dinas Syariat Islam Kota Sabang, Ketua MPU Kota Sabang serta perwakilan dari Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah serta KUA kecamatan Kota Sabang melaksanakan Rukyatul Hilal yang dilakukan pukul 18.00 s.d 18.55 waktu setempat yang berlokasikan di Kilometer Nol Gampong Iboih Kota Sabang.

Dalam pelaksanaan Rukyatul Hilal tersebut yang dilakukan oleh seluruh unsur yang hadir secara bergantian menyaksikan melalui alat yang digunakan, namun dikarenakan kondisi cuaca yang kurang baik dalam pelaksanaannya HILAL TIDAK NAMPAK KARENA BERAWAN. Sehingga dari Kota Sabang penentuan Hilal di Kota Sabang tidak dapat ditentukan.

Dalam penjelasannya Kasubbag TU Kementerian Agama Kota Sabang, Murdani mengatakan, data hilal ketika matahari terbenam dengan tinggi hilal 8,38 derajat di atas ufuk. Menurutnya, apabila melihat ketinggian hilal, sebenarnya hilal diprediksi sudah berada pada posisi di atas 7 derajat yang diharapkan dapat terlihat. “Namun, karena awan cukup tebal maka hilal di wilayah Kota Sabang tidak terlihat,” Jelas Murdani.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, dalam pemantauan hilal yang dilakukan beberapa tahun terakhir di Kilometer Nol Kota Sabang hilal tidak terlihat. Atas hasil pemantauan hilal tersebut, pihaknya juga telah melaporkan hasil pengamatan hilal di Pangandaran kepada Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama RI. (JH)